Objek Wisata Kabupaten Pacitan | Pesona Wisata Alam Indonesia

Posted by Berita Terbaru 2013 Sabtu, Januari 30, 2010 1 komentar
 SEJUTA PESONA WISATA ALAM PANTAI DAN GOA DI KABUPATEN PACITAN 
 

Kabupaten Pacitan terletak di ujung Barat Daya Provinsi Jawa Timur, Wilayah bagian Utara berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo, Di Timur Kabupaten trenggalek, Di Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, dan di Barat berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri (Jateng). Kota yg terbagi menjadi 12 kecamatan ini memiliki pesona wisata yg sangat menakjubkan, Tak banyak orang tau memang mengenai keindahan wisata kabupaten Pacitan ini. Wisata Alam seperti Pantai dan Goa merupakan andalan kabupaten pacitan di sektor pariwisata. Kota yg juga dijuluki Kota 1001 Goa ini benar-benar memiliki keindahan yg tiada tara dalam hal wisata alam pantai.

Sayang memang, obyek wisata yg begitu mempesona ini masih belum bisa menjadi primadona di sektor wisata khususnya jawa timur. Padahal jika dibandingkan daerah lain, wisata alam pantai di Pacitan sangat jauh lebih menakjubkan dan membuat kita berdecak kagum. Bahkan, pantai disana sangat alami dengan pasir putih nan lembut berpadu air yg bening serta panorama keindahan batu yg nampak seperti mengapung di lautan. Sangat sempurna. Tak hanya itu, kabupaten Pacitan juga menawarkan kemegahan Goa nya, seperti Goa Gong, Goa terbesar di Asia ini sangat mempesona dengan batu-batu yg terbentuk indah alami oleh tetesan air, membuat mata seakan tak percaya dan takjub menyaksikan maha karya Tuhan yg maha besar.

Goa Gong
Gua yang terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan ini merupakan gua yang terindah dan terdalam diantara gugusan gua-gua yang terletak di disekitarnya. Karena masih ada beberapa gua lain yang letaknya tidak terlalu jauh dari Gua Gong, seperti Gua Tabuhan dan Gua Putri. Alkisah waktu itu, Dusun Pule mengalami kemarau yang panjang, sehingga sulit untuk mencari air minum dan air untuk berbagai keperluan sehari-hari. Maka Mbah Noyo Semito dan Mbah Joyo mencoba mencari air ke dalam gua yang dianggapnya terlalu jauh dari rumah penduduk kurang lebih 400 meter. Dengan menggunakan alat penerangan tradisional berupa obor (daun kelapa kering yang diikat) hingga menghabiskan tujuh ikat, kedua kakek tersebut berhasil menelusuri lorong-lorong gua hingga menemukan beberapa sendang dan mandi di dalamnya. Peristiwa tersebut terhitung 65 tahun yang lalu yang dihitung mundur dari tahun 1995.
Atas penemuan tersebut, pencarian berikutnya pun dilakukan, tepatnya pada hari Minggu Pon tanggal 5 Maret 1995, berangkatlah sejumlah rombongan yang berjumlah delapan orang untuk mengeksplore lebih jauh tentang keberadaan gua tersebut. Singkat cerita akhirnya rombongan tersebut berhasil menyusuri gua yang keindahannya bisa dirasakan sampai sekarang”

Goa Tabuhan
Cerita masyarakat sekitar, gua Tabuhan yang ditemukan oleh Kyai Santiko. Ia kehilangan lembu yg bersembunyi di sebuah gua. Lembu itu tidak ingin keluar dari gua, karena menyimpan banyak air. Setelah semak belukar dibersihkan, Gua itu dirawat oleh Raden Bagus Joko Lelono dan puteri Raden Ayu Mardilah.
Gua Tabuhan terletak di pantai barat daya Jawa Timur. Gua ini disebut Tabuhan karena bebatuan yg ada di gua ini bisa digunakan untuk bermain musik khas jawa dan juga kerap mengeluarkan suara khas gamelan jawa. Gua ini sangat spektakuler , dengan varilored stalagmites ke atas mencapai setinggi 50 meter menuju liontin stalagtites dibentuk oleh tetesan air dari atap. Hal ini disebut sebagai gua Tabuhan karena jika lapped akan menghasilkan suara seperti irama musik Jawa (gamelan).Gua ini terletak di desa Wareng, Punung - Pacitan sekitar 40 km dari kota Pacitan ke arah barat.

Goa Putri
Goa Putri adalah goa yang di dalamnya terdapat keindahan panorama stalagtit dan stalagmit yang cukup indeh. Goa ini dinamakan sebagai Goa Putri karena di dalam Goa stalagtit dan stalakmit nya konon mempunyai bentuk yang mirip seorang putri dan juga ditemukan tempat peristirahatan yang ada di dalam goa milik seorang putri.




Sumber Air Panas Arjosari
Pemandian air panas ini menyimpan berbagai khasiat dan manfaat karena mengandung belerang, dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Terletak di Kecamatan Arjosari, kurang lebih 15 Km dari kota Pacitan. Dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4.



Pantai Teleng Ria
Pantai Teleng Ria merupakan sebuah teluk. Pantai ini diapit oleh dua dataran tinggi yang merupakan bagian dari pegunungan kapur Selatan yang membujur dari Gunung Kidul ke Trenggalek, menghadap Samudera Indonesia. Kendati pantai ini disinari matahari yang terik, namun udaranya masih terasa sejuk layaknya hembusan angin pegunungan. Untuk masuk ke kawasan pantai ini harus membayar tiket Rp.5000,-/org dan Rp.2000,-/kendaraan Rp.10.000,- untuk bis. Masuk kawasan pantai terdapat banyak warung yang menjual beraneka macam makanan maupun cenderamata, juga terdapat  Warung Said, Ngopi Yuk.

Pantai Srau
Pantai Srau merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Pacitan. Berpasir putih, memiliki deretan pohon kelapa yang rindang, dan pengunjung bisa berkeliling di semenanjung yang menjorok ke samudra , terlihat jelas bahwa Pantai Srau memiliki 3 sisi pantai, yaitu yang menghadap ke Timur, Selatan, dan Barat. Pantai ini terletak di kecamatan Pringkukuh pacitan, dari pantai ini kita bisa melihat 3 batu besar yg berjejer ditengah laut. Sangat indah dan menkjubkan.

Pantai Kalayar
Pantai Klayar berada di kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan, yang jaraknyasekitar 35 Km ke arah barat kota Pacitan. Pantai berpasir putih ini memiliki suatu keistimewaan yaitu adanya seruling laut yang sesekali bersiul di antara celah batu karang dan semburan ombak.
Di samping itu juga terdapat Air Mancur Alami yang sangat Indah. Air mancur ini terjadi karena tekanan ombak air laut yang menerpa tebing karang berongga. Air muncrat yang dapat mencapai ketinggian 10 meter menghasilkan gerimis dan embun air laut yang diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda.

BERIKUT ADALAH PHOTO WALLPAPER PANORAMA KEINDAHAN WISATA  PACITAN :




DOWNLOAD KONTEN KHUSUS DEWASA, KLIK DIBAWAH INI



Bagikan

1 komentar:

Tembang Lawas mengatakan...

Wah Keren ternyata Kabupaten Pacitan

Poskan Komentar

Google PageRank Checker Bloggers - Meet Millions of Bloggersping.sg - i ping do u?